SEJARAH

Schools SMK BINA TARUNA didirikan pada tanggal 30 Januari 1997, dengan surat dari Kepala Kantor Wilayah Depdikbud Propinsi Jawa Tengah No.130/103/I/1997 tanggal 22 Januari 1997, tentang persetujuan pendirian sekolah swasta yang diselenggarakan oleh Yayasan BINA TARUNA dan diresmikan oleh Menparpostel Bapak Soesilo Soedarman.

Kurikulum pertama yang dipergunakan adalah kurikulum 1984 dengan Rumpun T. Kurikulum ini dikembangkan mengacu pada Pendidikan Menengah dengan kemampuan umum setara SMA dan kemampuan kejuruan setara STM. Meskipun sekolah baru, input siswa relatif bagus karena rasio pendaftar dibanding yang diterima adalah 9 : 1. Pada tahun 1995-2000, diterapkan kurikulum 1994 yang pengembangannya masih mengacu kurikulum sebelumnya dengan tujuan membentuk alumni yang berotot SMK dan berotak SMA. Pada tahun 1995, input siswa mengalami booming yaitu rasio pendaftar dibanding yang diterima adalah 12 : 1.

SMK Bina Taruna Masaran Mempunyai 3 Jurusan Yaitu : Teknik Las, Teknik Otomotif Dan Teknik Komputer dan Jaringan. Teknik Las Meliputi Konsen trasi di bidang (Las Tigmig, Las Gas Astelin, Las Listrik Busur Manual, Mesin Produktif dan konstruksi Baja). Jurusan Teknik Otomotif Meliputi Konsentrasi( Service, Tune-UP, Chasis dan Transmisi, Bodi Otomotif dan kelistrikan). Teknik Komputer dan jaringan meliputi(Perakitan dan service komputer, Desain Grafis, Pemrograman Web, Jaringan Dan Internet).Tahun berikutnya yaitu tahun 2000-2004, diterapkan kurikulum 1999 dengan menyesuaikan perubahan nama Jurusan Jaringan Kabel menjadi Program Keahlian Teknik Jaringan Akses Pelanggan. Selain itu, SMK Bina Taruna Masaran juga mendirikan program keahlian baru (tahun 2000) yaitu Teknik Komputer yang merupakan program keahlian ketiga yang dibuka di Indonesia setelah SMK di Jakarta.

Mulai tahun 2004, pemerintah memberlakukan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yaitu Kurikulum 2004, dan SMK Bina Taruna Masaran juga memberlakukan kurikulum tersebut disertai pengembangannya. Pada kurikulum ini (tahun 2013), Teknik Informatika yang semula merupakan program keahlian dari Teknik Telekomunikasi sekarang berubah menjadi Bidang Keahlian dengan nama Teknologi Informasi dan Komunikasi yang memiliki empat program keahlian yaitu Teknik Komputer dan Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak, Multimedia. Sedangkan Program Keahlian Teknik Jaringan Akses Pelanggan terbagi menjadi dua program keahlian yaitu Teknik Akses Kabel dan Teknik Akses Radio. Pada saat yang bersamaan, SMK Bina Taruna Masaran harus memilih program keahlian yang disesuaikan yaitu Program Keahlian Teknik Akses Radio dan Teknik Komputer dan Jaringan.